Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan

Siapa yang tidak mengenal beras merah? Varietas beras ini banyak dicari karena khasiatnya yang sangat besar. Kandungan di dalam beras merah dipercaya mampu menjaga berat badan hingga menghindarkan Anda dari penyakit berbahaya. Penasaran keunggulan dan manfaat beras ini? Simak dalam ulasan berikut.

Menurunkan Berat Badan

Tujuan sebagian banyak orang mengkonsumsi beras berwarna merah adalah untuk menurunkan berat badan. Cara mengkonsumsinya bisa penuh beras merah atau dicampur dengan beras putih. Hal ini bisa dilakukan bagi pemula yang tidak begitu terbiasa.

Beras Merah

Indeks glikemiknya yang tidak terlalu tinggi membuat beras ini bisa menjaga berat badan, dibandingkan dengan mengkonsumsi beras putih biasa. Meskipun begitu, beras ini tetap dapat membuat perut kenyang dalam waktu cukup lama karena kandungan serat yang tinggi.

Ketika Anda pertama kali mengkonsumsi beras ini, disarankan mencampurnya dengan beras putih seperti yang sudah dijelaskan di atas. Rasa dan teksturnya sangat berbeda dengan beras putih. Beras merah sedikit lebih kasar saat mentah maupun sudah dimasak.

Memenuhi Kebutuhan Vitamin dan Mineral

Varietas beras ini juga banyak digunakan untuk campuran bubur pada bayi yang sudah minum ASI. Untuk membuat bubur bayi, beras ini perlu diolah menjadi tepung dahulu dengan cara diselep atau dihaluskan.

Manfaatnya untuk anak bayi sangat banyak, salah satunya yaitu bisa membantu sistem kesehatan bayi, sepeti pencernaan. Adapun kandungan dimiliki adalah vitamin, zat besi, zinc, karbohidrat, lemak, magnesium, protein, dan fosfor.

Adanya kandungan asam folat juga berdampak positif bagi kecerdasan anak nantinya. Vitamin A bisa mencegah rabun. Vitamin B bisa menghindarkan bayi dari penyakit ber-beri. Beras satu ini memang memberi manfaat bagi anak kecil hingga orang dewasa yang rutin mengkonsumsinya.
Menurunkan Kolesterol

Manfaat ketiga dari beras merah ini adalah dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Hal ini dikarenakan oleh ekstrak larutan yang sanggup mengatur kadar kolestrol yang ada di dalam darah dan hati. Ekstrak larutan tersebut mengandung asam lemak tak jenuh, sterol, dan asam amino.

Memang tidak sepenuhnya kadar kolestrol bisa turun. Jika naikpun hanya sekitar 19.60 persen HDL. Untuk menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh, beras ini bisa memiliki kemampuan sebesar 23 persen hingga 26 persen, dan trigliserida sebesar 36.50 persen.

Mencegah Diabetes

Indeks glikemiknya yang cukup rendah, membuat gula darah dalam tubuh tidak akan naik setelah mengkonsumsi beras ini. Menurut studi, mengkonsumsi varietas beras berwarna merah 3 porsi dalam sehari sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Tips tersebut bisa menurunkan risiko terkena diabetes ringan hingga tipe 2 sebesar 32 persen. Bagi Anda yang sudah mempunyai riwayat diabetes, tidak salah untuk terus mengkonsumsi beras ini hingga potensi tersebut menurun.

Mencegah Penyakit Jantung

Beras putih lebih rawan memicu penyakit karena kandungan gula yang tinggi. Berbeda dengan beras berwarna merah yang mengandung antosianin sebagai zat pewarna. Zat perwarna tersebut bisa mencegah penuaan akibat radikal bebas.

Selain itu, zat yang ada di dalam beras merah bisa menjauhkan dari berbagai penyakit kardivaskuler. Kandungan magnesium yang tinggi sanggup mencegah penyakit jantung dan stroke.

Mencegah Penyakit Kanker

Manfaat yang terakhir adalah bisa mencegah penyakit kanker. Hal tersebut dikarenakan zat antioksidan yang cukup tinggi dapat berperan untuk menangkal radikal bebas. Semua manfaat yang telah disebutkan membuktikan bahwa varieta beras ini sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Penjelasan seputar beras merah di atas bisa dijadikan pengetahuan baru untuk Anda. Banyak sekali manfaat yang diberikan jika Anda rutin mengonsumsi beras merah.

 

Posting Komentar untuk "Mengenal Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan"